11 Region Zigath Siap Salurkan Bantuan Hazmat dan Sembako (Bagian II)

SEBANYAK 11 dari 27 Region Zigath Zippo Club Indonesia, siap berpartisipasi dalam penyaluran bantuan alat pelindung diri (APD) hazardous material (hazmat) dan atau paket sembako. Kesebelas region tersebut nantinya akan menyerahkan langsung hazmat dan sembako di wilayah masing-masing.

“Region yang akan menyalurkan bantuan adalah Zigath Tangerang Raya (Zigath Tangray), Zigath Sriwjaya (ZSriwijaya), Zigath Oosthoek Van Java (Zigath OVJ), Zigath Region Semarang (Zigres), Zigath Salatiga, Ambarawa dan Sekitarnya (Zigsas), Zigath Jakarta (ZigJak), Jogja Region Zigath (JReZ), Zigath Ngapak (Zipak), Zigath Sidoarjo, Jombang dan Mojokerto (Zijoker), Zigath Ponorogo (Zigo) dan Zigath Buitenzorg (Ziborg),” kata Ketua Umum Zigath Topo Ngudi Utomo.

Menurutnya, region yang akan menyalurkan APD adalah ZSriwijaya, Zigsas, Zigath OVJ dan JRez. Sedangkan region yang akan menyalurkan paket sembako adalah Zigath Tangray, ZigJak, Zigres, Zijoker, Zigath Ponorogo, Zipak dan Ziborg.

“Penyaluran paket sembako adalah untuk masyarakat kecil, yang terdampak secara ekonomi. Bendahara Zigath Christarisa Nindapitra telah mentransfer untuk pembelian 50 paket sembako ke region yang menyalurkan paket sembako,” ujarnya.

Dikatakan, region membelanjakan sendiri paket sembakonya, dimana isi paket diserahkan ke region masing-masing sesuai budget yang dianggarkan. Penyaluran bantuan tersebut, diharapkan selesai dilaksanakan sebelum Idul Fitri 1441 H

“Saat pembagian APD/paket sembako, disertakan stiker dari Zigath, yang telah dikirim ke masing-masing region,” tandasnya.

Berkoordinasi
Terpisah, Ketua ZSriwijaya Octavianus Leonardus Pattiwael mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Muda, yang juga merupakan dokter bedah di Rumah Sakit Muhammad Hussain Palembang, Sumatera Selatan. Bantuan berupa 25 unit hazmat akan diserahkan untuk tenaga medis di RS tersebut.

“RSMH adalah rujukan bagi pasien Covid-19 di Palembang. Begitu APD diterima, nanti akan diserahterimakan oleh Om Ari A Hasan Muhammad kepada Om Muda,” tuturnya.

Pria yang biasa disapa Oki yang tinggal di Prabumulih itu mengaku tidak dapat ke Palembang, akibat berlakunya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Direncanakan, setelah APD sampai, maka akan langsung diserahterimakan

Adapun Ketua Zigath OVJ Zaldin Abdi Maulana menjelaskan, bantuan 25 unit hazmat akan diserahkan ke RSI Fatimah Banyuwangi, Jawa Timur. Sedianya, serah terima tersebut akan dilakukannya dengan perwakilan dari RS.

“Bila memungkinkan, serahterima dilakukan bersama dengan anggota Zigath OVJ. Namun bila tidak, saya sendiri yang akan menyerahkannya,” ucap pria berkepala plontos itu.

Sama halnya dengan di Sumsel, mobilitas antar kabupaten juga agak sulit akibat pemberlakuan PSBB. Sedangkan dari Daerah Istimewa Yogyakarta dikabarkan, bantuan APD akan diserahkan ke Puskesmas Bambanglipuro, yang berada di bagian paling Selatan Kabupaten Bantul.

“Daerah tersebut merupakan daerah endemi Covid-19, dimana ada pasien yang positif dan bahkan sudah meninggal dunia. Kami sudah berkoordinasi dengan pihak puskesmas dan akan mengkonfirmasi ulang bila paket APD sudah kami terima,” ujar Ketua JReZ Agung Ider Prabowo. (Bersambung)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.