Susuri Malam, Sejumlah Region Selesaikan Pembagian Paket Sembako (Bagian IV)

HARI beranjak malam dan udara pun cukup dingin setelah Rabu (20/5) sore, sebagian wilayah Kota Tangerang Selatan, Banten diguyur hujan. Namun hal itu tidak menyurutkan langkah MU Madjid dari Zigath Tangerang Raya (Zigath Tangray), untuk menyalurkan paket sembako bantuan dari keluarga besar Zigath Zippo Club Indonesia.

 

Paket sembako dalam karton itupun disebar di beberapa titik. Untuk kelompok pertama, yang menerima adalah sejumlah pengemudi ojek onlen, yang saat ini terpaksa menjadi polisi cepek atau pak ogah.

Selanjutnya, kelompok berikutnya adalah sejumlah orang yang menjadi korban pemutusan hubungan kerja saat pandemi Covid-19 merebak. Namun, belum semua paket bisa tersalurkan malam itu.

“Karena, paket juga diberikan kepada sejumlah buruh pabrik yang dirumahkan oleh perusahaannya. Kelompok-kelompok tersebut berada di Kelurahan Cipayung, Sasak dan Gaplek,” ucap Madjid yang kembali menyerahkan paket sembako pada keesokan harinya kepada pemulung, penjahit keliling target lainnya.

Pada saat yang hampir bersamaan, Polo dari Zigath Jakarta (ZigJak) yang wilayah dan waktu ‘operasinya’ terpisah cukup jauh rekan seregionnya, menyusuri beberapa rumah di kawasan Semper, Jakarta Utara. Sesekali, dia berhenti di rumah-rumah yang menjadi targetnya.

Tak lama kemudian, 10 paket sembako yang dibawanya itupun kemudian berpindah tangan kepada penerimanya. Yakni empat janda berumur, seorang pria tua yang terkena stroke dan dua fakir miskin di wilayah tersebut.

Sementara tiga paket lainnya disalurkan oleh Tofi Qurrohman untuk dibagikan di wilayah Cakung, Jakarta Timur. Untuk pendistribusian paket sembako, mereka mengaku tidak ada kendala sedikitpun.

“Meskipun kardus jebol karena kehujanan saat saya membawa ketiga paket ke tempat Om Tofi, namun isi paketnya aman. Sebab, tiap paket sudah dibungkus plastik,” ujarnya lega meski tubuh basah kuyup.

Sementara itu, dari Zigath Ponorogo atau Zigo dikabarkan, penyaluran paket juga telah dilakukan pada Kamis (21/5) malam. Namun karena jumlah kardus terbatas, maka sebagian paket sembako disalurkan dengan kantong plastik berlogo Zigath Peduli Pandemi Covid-19.

“Hal itu agar kami dapat segera bergerak,” kata Ketua Zigo Boyanto. Seperti terlihat pada foto, para penerima bantuan sembako tersebut juga telah berusia lanjut. Mereka semua sebelumnya telah didata oleh Zigo, untuk kemudian menerima bantuan tersebut.

Berkah
Senyum lega pun terlihat tak hanya dari para penerima paket, namun juga yang menyerahkannya. “Semoga berkah untuk semua. Salam sejahtera, bahagia selalu,” ujarnya dengan senyum merekah.

Adapun 100 unit alat pelindung diri (APD) berupa hazardous material (hazmat) yang sempat terlambat datang, akhirnya sampai juga ke Palembang, Yogyakarta, Salatiga dan Banyuwangi.

Sehingga, Zigath Sriwijaya (ZSriwijaya), Jogja Region Zigath (JReZ), Zigath Salatiga, Ambarawa dan Sekitarnya (Zigsas) serta Zigath Oosthoek Van Java (Zigath OVJ) bisa menyerahterimakannya kepada rumah sakit, puskesmas maupun klinik yang sudah direncanakan sebelumnya.

“Hazmat sudah diterima dan rencananya akan disalurkan pada Jumat (22/5). Kemudian siang harinya, dilanjutkan dengan pembagian sembako,” kata Ketua Zigsas Nyoto Yulianto.

Hal senada juga disampaikan Ketua ZSriwijaya Octavianus Leonardus Pattiwael mengatakan, dengan telah diterimanya paket hazmat tersebut, maka sudah bisa dilakukan serah terima. “Alhamdulillah, InsyaAllah pada Jumat atau Sabtu bisa diserahterimakan ke RS Muhammas Hussein Palembang,” tandasnya.

Paket hazmat juga telah diterima oleh Ketua JReZ Agung Ider Prabowo. “Alhamdulillah, sudah sampai,” tukasnya. “Masih hangat,” imbuh Ketua Zigath OVJ Zaldin Abdi Maulana saat menerima paket hazmat tersebut.

Dijadwalkan, hari ini sejumlah region akan menyalurkan paket bantuan APD dan sembako dari keluarga besar Zigath ke sejumlah titik. “Semoga diberi kelancaran dan kemudahan dalam penyaluran bantuan. Tetap jaga kesehatan dan terima kasih sudah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk menyerahkan bantuan,” tukas Ketua Umum Zigath Topo Ngudi Utomo. (BERSAMBUNG)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.